Good Talent = Nature + Nurture

Sketchnotes

Good Talent = Nature + Nurture

Sering banget temen-temen saya bilang: “Ki, loe bisa bikin catatan bergambar dalam waktu cepat memang bakat kan? Given deh tuh!!”

Hmm.. ada benernya sih… tapi satu hal kudu dipahami, yang “given” atau “nature” pemberian sang Khaliq itu nggak akan powerful kalau kita nggak mau “nurturing” dan mengasahnya. Tentu semua atas izin-Nya… karena apalah daya dan kuasa kita. Tapi dalam spektrum ikhtiar kita sebagai manusia, good talent itu lahir bukan saja karena “nature” tapi juga harus di-“nurture”.

Sketchnote yang saya dalami beberapa tahun belakangan bukan lahir begitu saja. Kesukaan membaca membuat dan mendorong saya untuk mengikatnya dalam tulisan. Dimulai dari tulisan texting yang panjang di blog serta social media dipadu dengan ilustrasi sederhana. Lambat laun saya perlu sesuatu yang bisa mengikat dan memikat.

Dulu di masa-masa sekolah, terutama saat masih di bangku kuliah konsep mind map sangat populer menjadi satu cara yang saya gunakan untuk memudahkan saya baik membuat catatan penting, menyusun kerangka ide dalam menulis atau beberapa hal yang dibutuhkan dalam proses mengolah fakta dan data dalam proses pembelajaran dan perencanaan. Apalagi daya ingat saya relatif buruk, sehingga saya memerlukan cara yang tepat serta efektif untuk mencatat banyak hal penting menjadi lebih menarik dan sesuai dengan gaya pembelajaran saya yang lebih ke arah visual.

Pada tahun 2011-2012 dulu, ketika ada bantuan kantor berupa samsungNote-1, saya akhirnya mendapatkan sarana dan media yang sangat praktis untuk mengasah gaya visual-note saya dengan menggabungkan konsep mindmap dan sketching.

Tulisan dan catatan-catatan itu pun berubah memiliki ruh dan personifikasi yang kuat. Dia jadi ikonik, lebih “stick” dan powerful dalam menyampaikan ide dan gagasan meski lebih sering gambar dan sketch-nya sangat rough, unfinished dan “cakar ayam”.

Mulai dari note1 hingga terakhir menggunakan note8, gaya sketch secara digital makin mengasah kemampuan saya membuat catatan bergambar yang simple, sederhana namun mampu connecting the dot– dengan menggunakan aplikasi gambar sederhana seperti #samsungnote atau #snote Alhamdulillah.

So temen-temen, Iterasi dan “continues improvement” adalah spirit yang perlu dan harus terus dijaga agar kita bisa growth dan “rise above the crowd”.

Sesuatu yang “nature” harus bisa kita “nurture”, tentu agar tetap relevan dengan “future”!

Tetap semangaaaat!!!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.